Rabu, 02 Maret 2011

Sepuluh Hewan yang Akan Masuk Surga

   Taukah kaula muda semua, ternyata Allah SWT menciptakan surga tidak hanya untuk kaum jin dan manusia saja, tetapi hewan pun juga akan di  masukkan kedalam surganya Allah SWT, subahanallah.. maha suci Allah yang telah menciptakan  makluk-makluknya. Seperti yang dijelaskan dalam kitab “Tanwir al-Adzhan min Tafsir Ruh al-Bayan” disebutkan bahwa menurut muqatil ada sepuluh hewan yang akan masuk surga kelak berasama orang-orang mukmin. Mereka adalah “Unta milik  Nabi Shaleh as , Anak sapi milik Nabi Ibrahim as, Domba milik Nabi Ismail as, Sapi milik Nabi Musa as, Ikan Hiu yang menelan Nabi Yunus as, Keledai milik Uzair as, Semut milik Nabi Sulaiman as, Burung Hud-hud milik Ratu Bilqis, Anjing milik Ash-habul Kahfi dan terakhir adalah Unta milik Nabi Muhammad SAW”. Semua hewan itu akan masuk surga seperti yang dituliskan dalam kitab Misykat al- Anwar.

Maka benarlah sabda Rasullah yang mengatakan : “Dalam kehidupan manusia banyak sekali hewan yang dijadikan kendaraan akan tetapi mereka lebih baik dari orang yang menaikinya.”

    Ibnu Anas meriwayatkan dari ayahnya dan juga dituturkan oleh imam Ahad, sesungguhnya Rasulullah pernah mendatangi sebuah kaum. Pada saat itu kaum yang didatangi Rasulullah sedang berada di atas tunggangannya, kemudian Rasulullah bersabda kepada mereka, "Naikilah tungganganmu dengan baik dan tinggalkanlah tungganganmu dengan cara yang baik pula serta janganlah engkau menjadikannya hanya sebagai kursi perbincanganmu baik di jalan maupun di  pasar. Karena ternyata banyak hewan yang di tunggangi lebih baik dan lebih banyak berzikir kepada Allah dari pada penunggangnya"

  Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud, Nasa’I serta Ibnu Hiban, dari Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:”Seekor semut pernah menggigit nabi seorang nabi dari nabi-nabi Allah, lalu dibakarlah semut itu olehnya. Manakala semut itu terbakar, Allah SWT berfirman kepada nabi tersebut bahwa engkau telah membakar sekelompok makhluk Allah yang senantiasa bertasbih kepada Allah.”

   Tidak hanya itu kaula muda semua, Abu Thalhah pun berkata bahwa kisah dalam hadist ini memberikan hikmah tersendiri bagi kita mengenai makhluk-makhluk Allah  yang senantiasa bertasbih kepadanya. Sebagaimana yang telah di firman kan oleh Allah SWT dalam surah (Al-Isra :44) :



 " Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun."
    Nah, dari penjelasan diatas jelaslah  sudah bahwa terkadang hewan pun mempunyai derajat yang lebih mulia disbanding manusia. Karena hewan senantiasa mengingat dan berzikir kepada Allah SWT, berbeda dengan manusia yang sering lupa dan lalai terhadap-Nya. Maka sobat kaula muda semua patut merenungi, tidak malu kah kaula muda semua terhadap hewan-hewan yang dijamin oleh Allah masuk kedalam surga??  Jadi kaula muda semua janganlah meremehkan makhluk ciptaan Allah sekecil apapun karena tidak ada segala ciptaan-Nya di dunia ini yang sia-sia. :)












REFERENSI.
Abu Thalhah Muhammad Yunaus, "Panjang Umur Banyak pahala (Menggenggam Surga di Tengah Kesibukan Dunia)",Aula Pustaka:Jakarta.2010


0 komentar:

Posting Komentar