Selasa, 01 Februari 2011

Ternyata Bawang Putih dapat Mencegah Penyakit Kanker

Mungkin kaula muda sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini bahkan yang kita konsumsi setiap hari Hmm yupzz  yakni 'Bawang Putih' nah Do you know alias tau gak sih kaula muda semua  bahwa rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak ini ternyata teruji secara higienis lebih dari 1000 tahun yang lalu dapat mencegah plus mengobati penyakit KANKER,, kok bisa?? haha.. pengen tahu?? nah kali ini kami akan menjelaskan bagaimana sebenarnya bawang putih ini dapat mencegah serta mengobati penderita kanker.


Bapak kedokteran modren asal  yunani- Hipporcrates- menganjurkan  bawang putih untuk  menangani kanker lebih dari seribu tahun yang lalu , tetapi baru pada abad ke 20, para ilmuan menemukan jawabnya mengapa tanaman ini bisa menolong orang yang mengidap penyakit ini. Pada pembahasab kali ini kita akan melihat bagaimana para ilmuan kedokteran menemukan zat anti kanker dalam bawang putih, terutama khasiatnya untuk pencegahan kanker.
 Pada dasarnya kanker bukanlah penyakit yang berdiri sendiri,, banyak jenis dan lokasinya, sifat dan tingkat pertumbuhannya juga bervarisai. Satu makanan atau obat mungkin bisa mencegah atau satu jenis kanker tetapi tidak efektif untuk yang lain. Seperti yang akan kita liat nanti, ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih kita bisa mencagah kanker perut dan beberapa jenis yang lainnya, tetapi kemungkinan ia tidak bisa membendung kanker paru-paru. Tetapi bawang putih bisa meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang langsung melawan tumor, maka setiap orang yang berisiko terkena kanker atau yang sudah mengidap kanker bisa mendapat manfaat dari diet yang memasukkan bawang putih di dalammya. Karena sekitar satu dari tiga orang yang akan mengidap kanker kelak dalam hidup mereka.
Penyelidikan peran bawang putih dalam memberantas kanker bukanlah sekedar riset berkelas ringan. Lembaga-lemabaga riset telah terlibat di dalam nya selama lebih dari 50 tahun. Riset itu seriang diulang oleh tim ilmuan lain dan temuan nya di terbitkan di berbagai jurnal ilmiah. Ulasan ilmiah bukti dari zat anti tumor dalam bawang putih yang dipublikasikan baru-baru ini merupakan kerja sama antara National Cancer Institute dan American Cancer Society , dua organisasi konserfatif yang menolak mendukung sains “iseng”.
Kisah modren bawang putih dan kanker ini secara khusus menjadi menarik dalam 10 tahun terakhir ketika studi yang menghubungkan diet dan kanker di Cina, Itali dan Amerika Serikat semua nya menemukan effek melindungi dari bawang putih dalam diet untuk melawan kanker. Sebelumnya, riset sudah dilakukan pada hewan, tes tabung dan piring lab, tetapi aplikasi nya pada manusia masih perlu di pertanyakan.





















Referensi:
Liu, Benedit Terapi Bawang Putih,Prestasi Pustaka Raya,Jakarta,2006.

0 komentar:

Posting Komentar